HARGA EMAS: Pasar keuangan tertekan sebabkan logam mulia melonjak

Diposting oleh Lee wang on Minggu, 20 Mei 2012


Large_emas__4_
emas

Harga emas melonjak naik 2,5% pada perdagangan kemarin di Comex New York, ini adalah level tertinggi dalam 1 pekan.


Kenaikan tersebut di tengah spekeulasi Federal Reserve yang  akan mengumumkan tambahan stimulus untuk mendorong ekonomi AS yang mendongkrak permintaan untuk logam mulia sebagai lindung nilai inflasi.


lonjakan harga bullion tersebut yang merupakan terbesar sejak bulan Oktober, setelah laporan menunjukkan kinerja manufaktur di Philadelphia melemah pada bulan  Mei yang merupakan kontraksi pertama dalam delapan bulan terakhir.


"Ekspektasi dari beberapa bentuk pelonggaran telah secerah pasar," ujar Phil Streible, salah satu broker komoditas  RJ O'Brien & Associates di Chicago seperti dikutip dari Bloomberg.


Harga kontrak emas berjangka untuk pengiriman Juni naik dari 1,1% menjadi US$ 1.591,90 per ounce pada pukul 13.47 di Comex  New York. Sebelumnya, harga naik menjadi US$1.597,50 yang merupakan level tertinggi sejak 10 Mei. Harga logam mulia ini naik 1,6% untuk tahun ini, menuju keuntungan tahunan ke 12.

Saat  pasar keuangan sedang dilanda ketidakpastian, Ketua Fed Ben S. Bernanke pada 25 April menyatakan untuk siap mengambil tindakan lebih lanjut untuk membantu perekonomian. Namun,  pada pekan lalu, Moody’s Investors Service telah mengumumkan penurunan peringkat kredit dari 16 bank Spanyol dan Fitch Ratings memotong peringkat  kredit Yunani karena khawati negara tersebut tidak mungkin dapat bertahan di zona euro.(mmh)


{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar